Senin, 22 Februari 2016

TUGAS INSTAL LINUX DEBIAN 5.0



 
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang.

Dewasa ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor multimedia,bahkan hiburan. Dewasa ini  perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri. Komputer tidaklah ada gunanya jika komputer tidak dilengkapi dengan software atau perangkat lunak. Jadi di antara hardware dan software itu mempunyai hubungan atau saling ketergantungan. Sehingga kedua sistem komputer ini tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.
 Hardware komputer hanya akan berfungsi jika ada yang namanya software yang mengolah data yang di input dan menghasilkan informasi. Atas dasar itu kami mencoba membahasnya dalam bentuk makalah dengan harapan dapat berguna bagi orang lain khususnya bagi kami. Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah komputer. Sekarang komputer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun komputer selalu mengalami perkembangan.Orang bisa menggunakan komputer dimana saja dirumah, dikafe, disekolah, dan ditempat lainnya. Sedangkan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer maka hanya bisa dikantor
atau dirumah, kalau sekarang mereka biasa menggunakan komputer tersebut dimana saja yang mereka inginkan. Karena begitu pentingnya software dalam mengoprasikan komputer maka dalam makalah ini kami akan membahas tentang  perkembangan software komputer.
















1.2 Batasan Masalah.

Karena begitu banyaknya pembagian dan perkembangan software komputer, maka pembahasan dalam makalah ini kami batasi agar mudah untuk dipahami dan tidak membosankan. Materi yang di bahas dalam makalah ini ialah tentang sistem operasi debian linux.

1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah, maka masalah yang akan di bahas dalam makalah ini adalah: 1.

Apa yang dimaksud dengan sistem operasi debian linux? 2.

Bagaimana sejarah sistem operasi debian linux? 3.

Cara instalasi sistem operasi debian linux?

1.4 Tujuan.

Berdasarkan batasan masalah dan rumusan masalah, maka tujuan yang ingin di capai pada makalah ini adalah:

1.    Memahami pengertian sistem operasi debian linux.

2.    Mengetahui sejarah sistem operasi debian linux.

3.    Mengetahui cara instalasi sistem operasi debian linux.




















 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Sistem Operasi Debian Linux.

Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.
Banyak distribusi linux lainnya berbasiskan Debian, antara lain: Ubuntu, MEPIS, Dream linux, Damn Small, Linux, Xandros, Knoppix, BackTrack, Linspire, dan edisi Debian dari Linux Mint. Debian dikenal karena pilihannya yang beragam. Rilis stabil saat ini memuat lebih dari 29000 paket perangkat lunak untuk 9 arsitektur komputer. Debian menggunakan kernel linux dan juga menggunakan 2 kernel FreeBSD (kfreebsd-i386 and kfreebsd-amd64). Arsitektur komputer ini mulai dari Intel/AMD 32-bit/X86-64bit yang umumnya ditemukan pada komputer pribadi hingga arsitektur ARM yang umumnya ditemukan di sistem embedded dan servermainframe IBM zSeries.
Fitur yang menonjol dari Debian adalah APT sistem pengaturan paket, repositori dengan jumlah paket yang banyak, kebijakan paket yang ketat, dan kualitas rilis yang terjaga. Praktik ini memungkinkan pemutakhiran yang sederhana antar rilis, begitupun untuk penghapusan paket. Standar instalasi Debian menggunakan GNOME desktop environment. Termasuk di dalamnya  program OpenOffice.org, Iceweasel, Evolution, program penulisan CD/DVD,  player musik dan video, penyunting, PDF viewer. Selain itu terdapat juga CD dengan program KDE, Xfce danLXDE.
















 
2.2 Sejarah Sistem Operasi Debian Linux .

Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdock, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993. Nama Debian berasal dari kombinasi nama Ian dengan mantan-kekasihnya Debra Lynn: Deb dan Ian.
Pada awalnya, Ian memulainya dengan memodifikasi distribusi SLS (Softlanding Linux System). Namun, ia tidak puas dengan SLS yang telah dimodifikasi olehnya sehingga ia berpendapat bahwa lebih baik membangun sistem (distribusi Linux) dari nol (Dalam hal ini, Patrick Volkerding juga berusaha memodifikasi SLS. Ia berhasil dan distribusinya dikenal sebagai "Slackware").
Proyek Debian tumbuh lambat pada awalnya dan merilis versi 0.9x pada tahun 1994 dan 1995. Pengalihan arsitektur ke selain i386 dimulai pada tahun 1995. Versi 1.x dimulai tahun 1996.
Pada tahun 1996, Bruce Perens menggantikan Ian Murdoch sebagai Pemimpin Proyek. Dalam tahun yang sama pengembang debian Ean Schuessler, berinisiatif untuk membentuk Debian Social Contract dan Debian Free Software Guidelines, memberikan standar dasar komitmen untuk pengembangan distribusi debian. Dia juga membentuk organisasi "Software in Public Interest" untuk menaungi debian secara legal dan hukum.
Di akhir tahun 2000, proyek debian melakukan perubahan dalam archive dan managemen rilis. Serta pada tahun yang sama para pengembang memulai konferensi dan workshop tahunan "debconf".
Di April 8, 2007, Debian GNU/Linux 4.0 dirilis dengan nama kode "Etch". Rilis versi terbaru Debian, 2009, diberi nama kode "Lenny". deb adalah perpanjangan dari paket perangkat lunak Debian format dan nama yang paling sering digunakan untuk paket-paket binari seperti itu.
Paket debian adalah standar Unix pada arsip yang mencakup dua gzip, tar bzipped atau lzmaed arsip: salah satu yang memegang kendali informasi dan lain yang berisi data. Program kanonik untuk menangani paket-paket tersebut adalah dpkg, paling sering melalui apt/aptitude.
Beberapa paket Debian inti tersedia sebagai udebs ("mikro deb"), dan biasanya hanya digunakan untuk bootstrap instalasi Linux Debian. Meskipun file tersebut menggunakan ekstensi nama file udeb, mereka mematuhi spesifikasi struktur yang sama seperti biasa deb. Namun, tidak seperti rekan-rekan mereka deb, hanya berisi paket-paket udeb fungsional penting file. Secara khusus, file dokumentasi biasanya dihilangkan. udeb paket tidak dapat diinstal pada sistem Debian standar.
Paket debian juga digunakan dalam distribusi berbasis pada Debian, seperti Ubuntu dan lain-lain. Saat ini telah terdapat puluhan distribusi Linux yang berbasis kepada debian, salah satu yang paling menonjol dan menjadi fenomena adalah Ubuntu.

BAB III
ISI

2.6 Cara Instalasi Debian Linux 5.0 (Menggunakan Virtual Box)

Dan sekarang kita akan mulai mencoba menginstal Linux Debian Menggunakan VirtualBox
Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.    Buka Installer Virtual Box - Lalu Pilih Next.
           index.png
Setelah terinstall lalu ikutan langkah selanjutnya.

            0.PNG






·         Pada tampilan selanjutnya memilih bahasa untuk instalasi , pilih English

          1.PNG

·         Pada tampilan Choose a country, teritorry or area pilih Other
·         Pada tampilan Choose a country, teritorry or area pilih Other
·         Pada pilihan Choose a continent or region pilih Asia
·         Setelah itu pilih Indonesia
·         Lalu memilih jenis Keyboard yang kamu gunakan defaultnya adalah QWERTY/US , pilihAmerican English
·         Pada Configure your network pilih Cancel (karna kita akan konfigurasi secara manual)
·         Pada tampilan Network Configuration Method pilih Configure Network Manually
·         Setelah itu kamu isikan ip address komputer misalnya 192.168.10.1
·         Lalu isikan Subnetmask 255.255.255.0
·         Setelah itu isikan ip yang sama untuk Gateway 192.168.10.1
·         Lalu kamu isi lagi dengan ip yang sama pada Name Server Addresses
·         Pada tampilan selanjutnya kamu ganti Hostname sesuka kamu , kalau tidak biarkan saja lalu pilih Continue
·         Setelah itu isikan Domain Name misalnya http://tugaspelajarid.blogspot.co.id/lalu Enter
·         Pada Configure the clock sesuaikan dengan daerah tempat tinggal kamu dan tekan Enter
·         Pada bagian pembuatan partisi Hardisk pilih Manual
·         Setelah itu tekan Enter pada Hardisk yang terbaca
·         Pilih YES pada Create new empty partition table on this device
·         Tekan Enter pada FREE SPACE
·         Lalu pilih Create New Partition
·         Ganti partisinya menjadi 1 GB (1GB adalah kelipatan dari memori komputer jika memory komputer kamu 256 MB maka isikan 512 MB sekarang kita akan membuat partisi untuk SWAP, Partisi SWAP adalah Virtual Memory di LINUX )
·         Pilih Primary lalu Enter
·         Lalu pilih Begining dan Enter
·         Lalu pada Partition Setting tekan Enter pada Use as:
·         Dan pilih Swap Area dan tekan Enter
·         Lalu tekan Enter pada Bootable Flag
·         Setelah itu pilih Done setting up the partition
·         Lalu pilih lagi FREE SPACE
·         Pilih Create new partition
·         Lalu ketikan jumlah partisi
·         Lalu setelah itu pilih Logical
·         Kemudian pilih Done Setting Up The Partition
·         Lalu pilih Finish Partitioning and write changes to disk
·         Pilih YES pada Write The Change To Disk
·         Tunggu sampai selesai
·         Lalu masukan password untuk ROOT (ROOT adalah Account super user di linux , dengan Acount ini kamu bisa melakukan apa saja)
·         Setelah itu isi dengan nama kamu
·         Setelah itu isi lagi dengan nama kamu
·         Setelah itu isikan password untuk user yang tadi baru kamu buat
·         Pilih NO pada Scan Another CD or DVD
·         Pilih NO lagi pada Use a Netword Mirror
·         Pilih lagi NO pada Participate in the package usage survey
·         Setelah itu pilih paket - paket yang akan di install yaitu Web Server , DNS Server , Mail Server dan Standard System (untuk memilih paket tekan Spasi)
·         Setelah itu tunggu sampai penginstalan paket yang dipilih selesai
·         Setelah itu pilih YES pada Install the GRUB Boot Loader ... (Boot Loader adalah kelebihan System Linux untuk membuat pilihan Sistem Operasi komputer jika komputer mempunyai 2 Sistem Operasi)
·         Setelah itu pilih Continue untuk menyelesaikan Instalasi Linux Debian Lenny 5.0
·         Setelah itu akan muncul GRUB Boot Loader Linux disini kita pilih yang pertama (Karna pilihan pertama kita akan login dengan mode Full Version sedangkan yang kedua hanya untuk login single user mode)
        48.PNG

·         Setelah itu login dengan user ROOT

        111.PNG

·         SELESAI





BAB IV
PENUTUP
1.   Kesimpulan

A) Linux atau GNU/Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat
populer untuk computer yang disebarkan secara luas dengan gratis di
bawah lisensi GNU General Publi License (GPL), yang berarti source
code Linux juga tersedia bagi public.

B) Pengembangan Linux pertama kali dilakukan oleh Linux Benedict
Torvalds pada tahun 1991 di Universitas Helsinki, Finlandia. Kemudian
Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer
dan pakar UNIX di Internet. Linux ini bisa diperoleh dari beberapa
distribusi yang umum digunakan, misalnya RedHat, Debian,
Slackware, Caldera, Stampede Linux, TurboLinux dan lain-lain.

C) Linux memiliki banyak kelebihan dibanding system operasi windows
diantaranya : mudah didapat dan gratis,mudah digunakan , tidak
mudah dijangkiti virus atau bisa dikatakan bebas dari virus. Aplikasi –
aplikasinya dapat diperoleh dengan mudah dan gratis. Hampir semua
aplikasi di windows sudah tersedia di linux, sistem operasi linux relatif
stabil atau bisa dikatakan tidak mengenal istilah “hang”.

D) File System Yang Stabil, Linux Mempunyai file system Ext2. File
system jenis inilah yang menjadi file system, standar linux. Beberapa
Distro kecil menggunakan ini sampai sekarang. Selain itu , ada yang
namanya Ext3, ReiserFS,Minix dst.

2.   Saran

Cobalah untuk menggunakan system operasi linux, dan beralih dari
system operasi windows ke system operasi linux.












DAFTAR ISI

      KATA PENGANTAR……………………………………………………….1

      DAFTAR ISI…………………………………………………………………2

      BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………3

A.   Latar Belakang

B.   Batasan Masalah

C.   Rumusan Masalah

D.  Tujuan

      BAB II PEMBAHASAN……………………………………………………..4

I.              Pengertian Sistem Operasi Debian Linux.

          II.         Sejarah Sistem Operasi Debian Linux .

     BAB III ISI……………………………………………………………………..5

         Instalasi Debian Linux 5.0 (Menggunakan Virtual Box)

BAB IV PENUTUP…………………………………………………………………6

1.      Kesimpulan
2.      Saran

      DAFTAR PUSTAKA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar