Jumat, 26 Februari 2016

CONTOH SURAT PERJANJIAN JUAL BELI RUMAH



SURAT PERJANJIAN JUAL-BELI RUMAH

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:
1.      Nama                               :
Umur                                :
Pekerjaan                         :
Alamat                              :
Nomer KTP / SIM           :
Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA
2.      Nama                               :
Umur                                :
Pekerjaan                         :
Alamat                              :
Nomer KTP / SIM           :

Dalam hal ini bertindak atas nama diri pribadi yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

PIHAK PERTAMA dengan ini berjanji untuk menyatakan dan mengikatkan diri untuk menjual kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA juga berjanji dengan menyatakan serta mengikatkan diri untuk membeli dari PIHAK PERTAMA berupa : Sebidang Tanah

Sebidang tanah Hak Milik yang terletak di Desa Sidowayah RT 4 RW 2, , seluas  (……………) dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam 9 (sembilan) pasal, berikut ini:

Pasal 1
HARGA 

Jual beli tanah dan rumah tersebut dilakukan dan disetujui oleh masing-masing pihak dengan ketentuan harga sebagai berikut:
  • Harga tanah  diatasnya sebesar  [(Rp. 10.000.000,00)  ( Sepuluh  juta rupiah )]
Pasal 2
CARA PEMBAYARAN

  1. PIHAK KEDUA telah membayar  harga tanah  LUNAS kepada PIHAK PERTAMA sebesar  [(Rp. 10.000.000,00) (Sepuluh  juta rupiah) kepada PIHAK PERTAMA yaitu pada tanggal 07 November  2013 sebagai uang pembayaran tanah sebagaimana kesepakatan harga pada pasal 1
Pasal 3
JAMINAN DAN SAKSI
  1.  PIHAK PERTAMA menjamin sepenuhnya bahwa tanah dan bangunan rumah yang dijualnya adalah benar-benar milik atau hak PIHAK PERTAMA sendiri dan tidak ada orang atau pihak lain yang turut mempunyai hak, bebas dari sitaan, tidak tersangkut dalam suatu perkara atau sengketa, dan tidak  sedang atau telah dijual kepada orang atau pihak lain.
  2. Jaminan PIHAK PERTAMA dikuatkan oleh tiga orang yang turut menandatangani Surat Perjanjian ini selaku saksi.
  3. Apabila PIHAK PERTAMA,  Tidak memberikan atau menyertakan dan memperlihatkan sertifikat asli tanah hak pilik tersebut selambat-lambatnya bulan Februari  dan/atau Maret 2014 kepada PIHAK KEDUA, maka PIHAK PERTAMA  bersedia menerima tuntutan dari PIHAK KEDUA untuk memperkarakan tuntutan ke pengadilan jika syarat (Sertifikat Asli) yang ditentukan tidak dipenuhi
Kedua orang saksi tersebut adalah:
1.      Nama                               :
Pekerjaan                         :
Alamat lengkap                 :
Hubungan Kekerabatan     : (ANAK) PIHAK PERTAMA
2.      N a m a                            :
P e k e r j a a n                 :
Alamat lengkap                 :
Hubungan Kekerabatan     : (Ketua RT Setempat) 
3.      N a m a                            :
P e k e r j a a n                 :
Alamat lengkap                 :
Hubungan Kekerabatan     : ( tetangga ) PIHAK PERTAMA

Pasal 4
PENYERAHAN 

PIHAK PERTAMA berjanji serta mengikatkan diri untuk menyerahkan tanah tersebut di atas tersebut kepada PIHAK KEDUA  setelah LUNAS pembayaran kepada PIHAK PERTAMA dan dalam tempo sampai dengan bulan Februari  dan/atau Maret PIHAK PERTAMA harus menyerahkan/memperlihatkan sertifikat asli pada waktu yang ditentukan.
Pasal 5
STATUS KEPEMILIKAN

Sejak ditandatanganinya Surat Perjanjian ini maka tanah tersebut di atas sepenuhnya menjadi hak milik PIHAK KEDUA.

Pasal 6
PEMBALIKNAMAAN KEPEMILIKAN 
  1. PIHAK PERTAMA wajib membantu  PIHAK KEDUA dalam proses pembaliknamaan atas kepemilikan hak tanah tersebut dalam hal pengurusan yang menyangkut instansi-instansi terkait. Memberikan keterangan-keterangan serta menandatangani surat-surat yang bersangkutan serta melakukan segala hak yang ada hubungannya dengan pembaliknamaan serta perpindahan hak dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA.
  2. Segala macam ongkos atau biaya yang berhubungan dengan balik nama atas tanah dan bangunan rumah dari  PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA dibebankan kepada PIHAK PERTAMA



Pasal 7
MASA BERLAKUNYA PERJANJIAN 

Perjanjian ini tidak berakhir karena meninggal dunianya PIHAK PERTAMA, atau karena sebab apapun juga. Dalam keadaan demikian maka para ahli waris atau pengganti PIHAK PERTAMA wajib mentaati ketentuan yang termaktub dalam perjanjian ini dan PIHAK PERTAMA mengikat diri untuk melakukan segala apa yang perlu guna melaksanakan ketentuan ini.

Pasal 8
HAL-HAL LAIN 

Hal-hal yang belum tercantum dalam perjanjian ini akan dibicarakan serta diselesaikan secara kekeluargaan melalui jalan musyawarah untuk mufakat oleh kedua belah pihak.

Pasal 9
PENYELESAIAN PERSELISIHAN 

Apabila PIHAK PERTAMA melanggar kesepakatan yang tercantum dalam Pasal 3 ayat 3 tentang penyerahan dan melihatkan sertifikat asli kepada PIHAK KEDUA sebagaimana syarat peralihan hak / pembalikkan nama kepemilikan maka PIHAK PERTAMA bersedia menerima tuntutan PIHAK KEDUA yaitu tuntutan ke pengadilan jika syarat (Sertifikat Asli) yang ditentukan tidak dipenuhi.


Demikianlah Surat Perjanjan ini dibuat dalam 2 (dua) rangkap yang bermaterai cukup dan mempunyai kekuatan hukum yang sama, ditandatangani kedua belah pihak dalam keadaan sadar serta tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Rembang, 8 November  2013

PIHAK PERTAMA
MATERAI 6000
 


[……………………. ]
PIHAK KEDUA


[ …………………… ]

SAKSI-SAKSI:




[ ………………………… ]



[ …………………………… ]



[ ………………………]



2 komentar:

  1. Did you realize there is a 12 word phrase you can communicate to your man... that will trigger deep feelings of love and instinctual appeal for you deep within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and protect you with all his heart...

    12 Words Who Trigger A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will make him work harder than before to do his best at looking after your relationship.

    As a matter of fact, triggering this powerful impulse is absolutely mandatory to getting the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll instantly find him expose his soul and mind to you in such a way he's never experienced before and he'll see you as the only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus
  2. @bopelnews
    Bopelnews Menyediakan Berita Seputar Sepak Bola Terlengkap Dan Terupdate

    Yuk baca sekarang juga berita- berita hangat seputar sepak bola dunia

    BalasHapus